Kandungan dan khasiat DI Sea Cucumber​

Sea Cucumber menunjukan  kemampuan untuk melakukan  penyeimbangan prostaglandin, yaitu satu fungsi pengatur proses peradangan. Sea cucumber memiliki badan yang kenyal seperti tulang rawan, merupakan sumber yang kaya akan mukopolisakhairda yaitu yang dikenal sebagai  khondroitin  sulfat, konon berkhasiat menghilangkan rasa nyeri pada  sendi-sendi.  Kerja khondroitin serupa dengan glukosamin sulfat. Selain itu, Khondroitin juga mampu menghambat hidup dari virus.

Penelitian yang pernah dilakukan di daratan Russia, Jepang, dan negeri Cina, mengungkapkan bahwa sea cucumber mengandung saponin (triterpene glikosida). Kandungan ini mempunyai kemiripan struktur seperti zat aktif yang juga terkandung di dalam ginseng, ganoderma, dan berbagai tonik lain yang berasal dari tumbuhan. Penelitian farmakofogi cenderung menyebutkan bahwa khasiat anti radang, dan anti kanker dari seacucumber adalah karena saponin .

Sebagai tambahan disini, minyak sea cucumber mengandung dua bagian anti radang, bagian pertama adalah asam lemak yang juga ditemukan di dalam minyak ikan. Memiliki khasiat anti radang dengan cara melakukan metabolisme lemak, selain itu asam lemak juga berfungsi sebagai pemberi gizi otak dan jantung. Senyawa yang akhir-akhir ini mendapat perhatian yaitu sumbernya adalah dari minyak ikan adalah EPA (Eicosa Pentaenoic Acid) dan DHA (Docosa Haenoic Acid), ditemukan juga di dalam sea cucumber.

Bagian kedua adalah asam lemak 12-MTA (methyltetradecanoic acid). Senyawa yang kemudian dikenal dengan turunannya yaitu 13-MTA, diketahui adalah sebagai penghalang / anti dari sistem enzyme S-LOX (lipoksigenase). Di dalam dunia pengobatan modern penghalang sistem enzym ini adalah sebagai kunci pada pengobatan asthma, ulserati vekolitis,dan arthritis .

Efek penghalang sel kanker pada penelitian lanjutan telah ditunjukan melalui uji terhadap sel kanker prostat, dan sel sel kanker manusia lainnya. Ternyata MTA dihasilkan oleh bakteri yang ada di dalam sea cucumber

Dr. Sands menganjurkan untuk mengkonsumsi Sea Cumber. Sea Cucumber (Beche-de-Mer) adalah penghuni dasar laut yang memakan ganggang laut dan menghisap berbagai sumber makanan organik lainnya. Sea Cucumber telah digunakan sejak jutaan tahun yang lalu dan oleh bangsa Asia sebagai pelengkap sejumlah jenis masakan

Artikel Terkait

Penggunaan DI Sea Cucumber​ kini dan nanti

Sea Cucumber mengandung protein bermutu tinggi, mineral, mukopolisakharida, peptida dan . . .

CETAK
SHARE
SHARE
Email
Twitter