Garlic

Garlic (Allium sativa), adalah jenis tumbuhan dengan daun yang panjang  serupa rumput rumputan, dan memiliki semacam lembaran yang mengelilingi bunganya. Bunga putih kehijauan atau berwarna dadu ditemukan dalam bentuk kelompok dan berakhir diujung tangkai. Tangkai muncul langsung dari bonggol, dimana bagian inilah yang digunakan untuk makanan dan obat. Bonggol terdiri dari bonggol yang lebih kecil terbungkus oleh  lapisan  tipis  yang  kemudian  dikenal sebagai “Bawang Putih” . Sekalipun garlic dikenal orang  sebagai  “Mawar   berbau  tidak  enak”  namun sesungguhnya tumbuhan ini masuk di dalam keluarga ‘Bunga Bakung ‘ atau Lily

Kandungan aktif yang utama terdapat di dalam garlic segar adalah Asam Amino Alliin dan enzymnya yaitu Allinase. Ketika sebongkah garlic dikunyah, dicacah, diperas atau dipotong, maka akan terbentuk allicin, yang mana akan memberikan bau khas bawang putih. Allicin, akan terurai dan membentuk senyawa senyawa sulfur lain dalam waktu beberapa jam. Senyawa tersebut di atas memiliki khasiat menyembuhkan berbagai sakit penyakit dan penggunaan lainnya menyangkut kesehatan dan untuk penyedap makanan.

Garlic juga mengandung sejumlah jenis trace mineral. Termasuk disini adalah tembaga, besi, seng, magnesium , germanium, dan selenium. Tentunya tanah tempat garlic ditanam juga akan mempengaruhi jumlah jenis mineral yang dikandungnya. Semangkin banyak jenis trace mineral yang dikandungnya, akan semangkin berharga. Sebagai tambahan, garlic mengandung berbagai senyawa yang mengandung sulfur, vitamins A, C, dan berbagai jenis asam amino lain yang berguna bagi tubuh manusia.

Garlic memiliki manfaat yang cukup effektif dalam pengobatan berbagai masalah kesehatan seperti antara lain:

  • Larutan Garlic di dalam minyak, dapat digunakan sebagai obat sakit telinga (terutama yang disebabkan oleh infeksi).
  • Garlic dapat digunakan untuk mengobati penyakit saluran pernapasan seperti ashma dan bronchitis (radang saluran napas) kronis.
  • Garlic membantu meningkatkan kemampuan sistem pencernaan makanan untuk mencerna makanan daging dan lemak.
  • Garlic mampu membunuh dan mengeluarkan cacing dari dalam usus baik manusia maupun hewan.
  • Garlic dapat membantu membersihkan penyakit kadas.
  • Garlic menghilangkan kembung.
  • Senyawa sulfur yang terkandung di dalam garlic dapat mengikat logam berat dan senyawa racun yang berbahaya bagi tubuh.
  • Garlic dapat digunakan untuk pengobatan luar seperti berbagai penyakit kulit, Iuka dan lain lain.
  • Bagi Ibu menyusui konsumsi garlic merupakan salah satu cara yang baik untuk merangsang nafsu minum, meningkatkan daya tahan tubuh dan kemungkinan terjadi diare pada bayi.

 

Garlic dapat dimakan secara mentah, maupun dimasak terlebih dahulu. Dizaman modern konsumsi garlic dapat dalam bentuk tablet, kapsul atau tetesan­ sirup. Sedangkan getahnya dapat langsung dipakai untuk penggunaan luar.

Karena garlic mempunyai bau dan rasa yang khas dan tidak disukai oleh semua orang, sebab itu kini diupayakan dalam bentuk ekstrak, dimana hanya kandungan aktifnya saja yang dikeluarkan untuk digunakan. Tablet dan atau kapsul garlic, sudah disesuaikan  kadarn ya untuk perawatan kesehatan dan pencegahan sakit penyakit dibutuhkan sebanyak banyaknya 3 butir tablet Garlic setiap hari